Monday, December 9, 2013

perbedaan fast PWM dan Phase correct PWM

Perbedaan utama antara mode Fast PWM dan Phase Correct PWM selain dari frekuensi kerja adalah ketelitian dalam menghasilkan sinyal PWM.. pada phase correct menggunakan dual slope yang artinya jumlah bit counter yang berperan seakan akan menjadi 16bit.. Hal ini menyebabkan waktu Ton terhadap suatu sinyal menjadi lebih teliti 2x lipat.. Dalam mengontrol Sudut Putaran Motor ,terutama pada motor DC Servo, maka fitur ini sangat diperlukan mengingat Motor DC Servo mengandalkan ketelitian PWM dalam mengontrol sudut putaran motor.

salah satu mode operasi dalam T/C AVR adalah mode CTC.. dimana mode tersebut memiliki 3 jenis bentukan sinyal output yang dapat dipilih yaitu Toggle, Clear, dan Set. 
Pada penggunaannya toggle berfungsi mengubah keadaan logika pada PIN OCn setiap kali CompareMatch Terjadi.. hal ini membuat CTC dapat menghasilkan sebuah sinyal pulsa yang konstan sesuai dengan waktu comparematch terjadi. sedangkan untuk Clear dan Set berfungsi untuk mengubah keadaan pin OCn menjadi SET atau CLEAR ketika CompareMatch Terjadi..

perbedaan penggunaanya terlihat jelas pada saat menggunakan fungsi CTC untuk menghasilkan sinyal dan pada saat menggunakan CTC untuk melakukan counter dimana ketika counter telah comparematch maka pin OCn akan ditandai dengan Set atau Clear tergangtung penggunaannya.. satu hal yang perlu di perhatikan adalah pin OCn tidak akan berubah keadaan jika tidak dirubah secara manual atau di setting terlebih dahulu..

No comments:

Post a Comment